Minggu, 02 Desember 2012




A. MICROSOFT WORD
Microsoft Word merupakan salah satu dari beberapa program aplikasi pengolah kata yang terdapat dalam paket program aplikasi Micsosoft Office.
# Cara membuka MS.Word :
Klik tombol Start yang ada di Taskbar.
Pilih menu Program, arahkan pada MS.Word  dan akan tampil lembar kerja dari MS.Word yang masih kosong dan lembar kerja tersebut bernama “dokumen 1”.

  # Cara mengatur Margin :
Margin merupakan batas tepi penulisan teks dengan tepi kertas. Semakin besar ukuran margin, maka akan semakin jauh teks dengan tepi kertas dan sebaliknya. Pada beberapa kondisi pengaturan margin ini mempunyai sifat yang baku seperti pada pembuatan skripsi, porposal, maupun karya tulis. Misalnya pada karya tulis/skripsi menggunakan aturan margini kiri dan atas 4cm sedangkan margin kanan dan bawah 3cm. Dalam kondisi umum, user dapat mengatur margin sesuai keinginan dan menyesuaikan dokumen itu sendiri.
Untuk mempermudah pengaturan margin sebaiknya atur terlebih dahulu satuan unitnya dari inchi menjadi cm, dengan cara sebagai berikut :
Klik menu file
Klik Options
Pilih Advanced
Klik Display, sehingga muncul kotak dialog Word Options.
Pada bagian Measurements units, gantilah satuan ke centimeters.
Setelah itu klik “OK”.
Mengatur margin :
 Klik Page Layout kemudian pada group menu Page Setup pilih Margins.
Pilih salah satu pilihan yang tersedia.
Jika ingin mengatur Margin secara manual silahkan klik pada Custum Margins.
Pada tab Margin, isikan besaran margin yang dikehendaki 
Top : margin atas
Bottom : margin bawah
Left : margin kiri
Reght : margin kanan
Setelah semua selesai diatur, klik “OK”.
contoh gambar :
    # Cara membuat tabel :
Klik menu Insert.
Pilih Table, lalu sorot jumlah baris dan kolom yang kita inginkan, misal 2*3.
· ·Klik menu Insert > Page Numbers sehingga muncul kotak dialog Page Numbers. Lalu klik OK.
            # Cara menyimpan file pada MS.Word :
Klik menu file, lalu klik menu Save selanjutnya ditampilkan kotak dialog Save.
tentukan lokasi tempat menyimpan data dengan memilih drive dan direktori.
Tulis nama file pada lokasi media penyimpanan yang diinginkan.
Bila ingin menyimpan file dengan nama lain maka pilihlah Save as pada menu file. 
Membuat kolom
Untuk membuat kolom seperti yang terlihat pada contoh di bawah ini adalah
dengan klik menu Format > Columns. 

 
  
# Menyisipkan Header dan Footer
Fasilitas Header and Footer digunakan untuk membuat catatan
kaki,penomoran halaman, dan yang lainnya. Untuk masuk ke bagian ini, klik
menu View > Header and Footer sehingga tampilan dokumen akan
berpindah pada area header atau footer. Hal ini diindikasikan
dengan teks dan objek di dalam dokumen terlihat redup. Ketikkan teks yang
hendak dibuat.

Contoh :



 #  Menyisipkan nomor halamanPenomoran halaman dapat dibuat secara otomatis. Caranya klik menu
Insert> Page Numbers sehingga muncul kotak dialog Page Numbers. Klik OK.

 
# Membuat dokumen baru
Untuk membuat dukumen baru, dapat dilakukan dengan cara berikut :
 Klik menu File > New sehingga muncul jendela Tesk Pane yang
menampilkan bagian New Document.

 Setelah itu, pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. (Dapat juga
memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru
berdasarkan template yang telah disediakan.)
Di dalam Tool Bar juga terdapat tombol New Blank Document  yang
berfungsi untuk membuat document baru tanpa melalui jendela Task Pane.

gambar tombol new document di Tool Bar :

Contoh dokumen :

# Menggunakan penomoran dan penandaanSeringkali di dalam dokumen dijumpai penulisan teks dengan penomoran
(numbering) dan penandaan (bullet). Program MS Word menyediakan fasilitas
Bullet and Numbering untuk membuat variasi teks.

 contoh penggunakan penomoran :





# Penggunaan Footnote
Footnote alias catatan kaki berguna untuk memberikan keterangan atau uraian terkait dengan tulisan pada dokumen yang kita buat. Umumnya catatan kaki dipakai pada karya tulis, skripsi, thesis, laporan ilmiah ataupun lainnya. Footnote umumnya berupa nomor bilangan kecil yang ditulis dalam bentuk seperti pemangkatan (superscript). Fasilitas untuk menyisipkan catatan kaki (footnote) pada dokumen disediakan di Microsoft Word dan cara untuk membuat Catatan Kaki atau footnote bisa anda ikuti langkah berikut.

1. Pilih Lokasi Penempatan Footnoote

Pilih posisi atau lokasi penempatan footnote dan tempatkan kursor editor (umumnya berupa garis vertikal kedap-kedip) di lokasi tersebut. Cara mudahnya klik saja lokasi tersebut.

2. Memulai Proses Menyisipkan Footnote

Ada dua cara menyisipkan footnote.
  • Cara pertama, melalui ribbon. Klik tombol Menu Ribbon References lalu klik tombol Insert Footnote.
  • Cara kedua, melalui keyboard shortcut. Jika Microsoft word anda mendukung kompatibilitas dengan Microsoft word 2003, maka anda bisa menggunakan shortcut ALT+I,N,N

3. Panduan Mengisikan Dialog Footnote

Setelah mengklik tombol insert footnote atau mengaktifkan melalui keyboard shortcut, anda akan ditampilkan sebuah dialog untuk menyisipkan footnote.
gambar: dialog untuk mengatur konfigurasi footnote ketika menyisipkan footnote di microsoft word
Untuk mengisi dialog Footnote and Endnote tersebut:
  • Untuk bagian Location pilih opsi Footnotes. Pada kotak yang tersedia, pilih bottom of page untuk menaruh keterangan di bagian bawah halaman / kertas kerja.
  • Untuk bagian Format.
    1. pilih Number format sesuai dengan format yang anda inginkan, apakah bentuk penomoran :1, 2, 3,… ; a, b, c, …; A, B, C,…; i, ii, iii,… ; atau I, II, III, …
    2. isikan Custom mark jika anda ingin footnote anda berupa simbol, kata, atau apapun yang anda inginkan untuk dijadikan footnote.
    3. Isikan Start at dengan angka yang paling kecil yang anda inginkan yang akan digunakan sebagai awal dari nomor footnote.
    4. Numbering. Jika anda menggunakan format nomor (lihat pilihan number format), apakah ingin nomor tersebut sekuensial alias berurutan untuk keseluruhan dokumen atau untuk setiap section dimulai kembali dengan angka yang sudah anda isikan di kotak Start At di atas.

4. Sisipkan Footnote

Setelah selesai mengisi format untuk footnote, baca sekali lagi untuk memastikan semua telah sesuai dengan apa ang anda inginkan. Selanjutnya klik Insert untuk menambahkan footnote pada dokumen anda.
  • Jika anda menggunakan footnote dan endnote, gunakanlah penomoran yang berbeda. Misalkan footnote menggunakan penomoran 1,2,3,… sedangkan endnote menggunakan i, ii, iii, … . Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan penomoran referensi yang sama.
  • Jika anda ingin menghapus footnote anda dapat menghapus angka kecil yang ada di ketikan dokumen anda maka angka dan keterangan / uraian yang ada di catatan kaki yang ada di bagian bawah halaman otomatis akan ikut terhapu.


C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar